Beli Pertalite Daftar di Aplikasi, Pengamat: Mau Tidak Mau Kebijakan Ini Harus Dilakukan

Penyaluran bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi seperti Pertalite dan Solar dinilai memang harus dibatasi, satu caranya dengan pendaftaran melalui aplikasi MyPertamina. "Saya kira kebijakan ini memang mau tidak mau, suka tidak suka harus dilakukan," kata Direktur Executive Energy Watch Mamit Setiawan saat dihubungi, Rabu (29/3/2022). Menurutnya, pembatasan diperlukan agar subsidi tepat sasaran dan beban subsidi keuangan negara akan menjadi lebih ringan, mengingat saat ini harga minyak dunia terus mengalami kenaikan.

"Dengan pembatasan ini, subsidi untuk BBM menjadi tepat sasaran. Masyarakat yang memang mampu harus menggunakan BBM sesuai dengan keuangan mereka," paparnya. Ia pun menilai, masyarakat tidak perlu panik terhadap pembelian Pertalite harus daftar terlebih dahulu, karena uji coba ini baru diterapkan di 11 kabupaten dan kota. "Terutama untuk pengguna roda dua, saya kira masih belum ada pembatasan mengingat kendaraan roda dua merupakan sarana bagi masyarakat kelas menengah ke bawah untuk bekerja, dan meningkatkan perekonomian mereka," tuturnya.

"Angkutan umum juga masih mendapatkan BBM jenis Pertalite dan Solar subsidi ini. Jadi masyarakat yang memang berhak tidak usah panik," sambung Mamit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.